Tips Dan Cara Merawat Jok Kulit Mobil Agar Awet

Tips Dan Cara Merawat Jok Kulit Mobil Agar AwetTips Dan Cara Merawat Jok Kulit Mobil Agar Awet

Jok mobil adalah bagian penting dalam mobil bahkan bisa mencirikan seperti apa orang yang mempunyai mobil tersebut. Selain itu jok mobil juga bisa menjadi penilaian penting dalam pemilihan penggunaan mobil.

Bahan yang digunakan pada jok mobil bermacam-macam salah satunya adalah jok mobil berbahan semi kulit. Bahan ini sering disebut sebagai jok berbahan syntethetic leather, salah satu kelebihannya harganya masih bisa terjangkau semua kalangan.

Biaya yang dibutuhkan biasanya mulai Rp 1 – 3 juta atau disesuaikan dengan kebutuhan bahan yang digunakan pada mobil. Selain itu jok berbahan semi kulit ini juga lebih mudah dalam hal perawatannya dibandingkan perawatan jok kulit mobil atau jok yang berbahan kulit asli.

Bahkan jok berbahan semi kulit memberikan warna dan tekstur yang lebih variatif. Namun, penggunaan jok semi kulit ini umurnya tidak lama kurang lebih sekitar tiga tahun. Serta aroma yang khas dari kulitnya tidak ada, permukaan jok berbahan semi kulit menyimpan cukup panas.

Tips Perawatan Jok Mobil

  1. Lakukan Perawatan Rutin Tiap 2 Minggu

Untuk melakukan perawatan sendiri, cukup mudah kok. Karena sering dipakai beraktifitas, baiknya setiap 2 minggu sekali di lap menggunakan kanebo, atau lap basah. Setelah itu di angin-anginkan, sampai kering dengan membuka semua pintu mobil.

  1. Jangan Terlalu Sering Parkir Mobil di Ruang Terbuka

Hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan pada kulit jok mobil Carmudian, lebih baiknya diangin-anginkan saja. Sebab panas matahari yang terkena langsung pada jok, akan mengakibatkan kulit jok menjadi keras dan akan mudah pecah-pecah.

  1. Menjaga Warna Jok Mobil

Karena sering digunakan, terkadang warna pada jok mobil jadi kusam. Agar warnanya kembali kewarna awal, caranya mudah. Untuk jok yang memiliki bahan kulit sintetis atau imitasi cukup gunakan carian pencuci piring, atau sabun dengan PH yang rendah.

Hal tersebut akan mengembalikan warna jok menjadi lebih bersinar, dan juga akan dapat menghilangkan noda-noda yang menempel pada jok mobil.

“Untuk jok yang berbahan kulit, cara pembersihannya sama dengan jok kulit imitasi. Namun gunakan cairan khusus untuk membersihkan kulit jok, jangan gunakan semir sepatu ya,” ujar Gono, perajin jok mobil dari Yogi Barokah spesialis reparasi dan pembuatan interior mobil berbahankan kulit.

SUMBER :  carmudi.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *