Toyota Luncurkan Yaris Model Baru

Toyota Luncurkan Yaris Model BaruToyota Yaris 2018 Meluncur

Toyota tak lagi pelit memberi beragam fitur menarik di mobil terbarunya. Itu dibuktikan pada New Toyota Yaris yang baru saja diluncurkan (20/2). Pembaruan yang ada, kian menunjukkan value tinggi di tengah persaingan semakin berat. Sama seperti All New Toyota Rush yang membawa banyak kejutan, Yaris pun begitu.

All New Yaris merupakan major facelift, dengan perubahan hampir menyeluruh dari Yaris generasi ketiga (XP150). Jadi belum bergenerasi menyeluruh. Modelnya mengacu pada Yaris dan Yaris ATIV (Vios) yang sudah duluan meluncur di Thailand dan India. Sekelebat masih tersisa profil Yaris sebelum facelift, namun semua serba baru mulai dari wajah hingga buritan. Interior juga berubah drastis. Desain dasbor lebih sederhana dan terlihat rapi. Jarak wheelbase 2.550mm tetap sama dan tidak berpengaruh keluasan kabin. Tapi memang dimensi luarnya sedikit lebih besar dibanding Yaris lama.

Jantung pacu mengandalkan mesin 2NR-FE yang menghuni engine bay Yaris dan Vios sejak 2016 lalu. Mesin 4-silinder 1,5-liter ini mengadopsi teknologi Dual VVT-i dengan tenaga 107 PS dan torsi maksimum 140 Nm. Pilihan transmisi masih sama, manual 5-speed dan CVT plus Shiftronic.

Fitur keselamatan mengalami lompatan signifikan dibanding Yaris terdahulu. Sama seperti spesifikasi Yaris versi Thailand, TAM turut menggelontorkan banyak fitur safety aktif yang membuat berkendara tambah aman. Sebutlah control stabilitas Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRC) dan Hill Assist Control (HCA). Lalu seluruh penumpang di dalam kabin kini dilindungi 7 kantung udara. Semua fitur keselamatan, jauh melampaui semua rival sekelas termasuk Honda Jazz sebagai musuh bebuyutan.

New Yaris tetap dibagi dalam tiga varian, E, G dan TRD Sportivo. Masing-masing dibekali dengan pilihan transmisi CVT atau manual 5-speed. Harganya tidak mengalami banyak kenaikan mulai dari Rp 235,5 juta hingga Rp 275,9 juta (OTR Jakarta). Versi Heykers belum diketahui kelanjutannya. Tapi adanya Yaris Cross yang beredar di Afrika Selatan, menjadi sinyalemen positif versi crossover Yaris juga bakal melanjutkan eksistensinya.

SUMBERĀ  : oto.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *